Home

Senin, 31 Oktober 2011

Mempedomani Al-Qur'an dan As-sunnah dalam Kehidupan Sehari-hari

Mempedomani Al-Qur'an dan As-Sunnah dalam kehidupan sehari-hari berarti menjadikan keduannya sebagai landasan dan petunjuk di dalam beramal selama hidup kita. Meyakini dengan seyakin-yakinnya tanpa ada keraguan sedikit pun bahwa apabila kita menjadikan Al-Qur'an dan As-Sunnah sebagai pedoman hidup kita, maka kita akan selalu berada di jalan yang benar. Kita akan mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan hidup, baik di dunia maupun di akhirat.

Rasulullah saw.bersabda :

تَرَكْتُ فِيْكُمْ اَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلًُوْا اَبَدًا اِنْ تَمَسكْتُمْ بِهِمَا كِتَابَ اللهِ وَ سُنةَََ رَسُوْلِهِ


Artinya :
" Aku tinggalkan dua pusaka untukmu sekalian, yang kalian tidak akan tersesat selamanya selagi berpegang teguh kepada keduannya yaitu kitab Allah (Al-Qur'an) dan sunnah rasul-Nya".


Al-Qur'an dan As-Sunnah adalah dua sumber hukum pokok dalam islam yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Apabila kita mempedomani Al-Qur'an, maka berarti kita juga wajib mempedomani As-Sunnah. Sebab di dalam Al-Qur'an sendiri banyak ayat yang menyuruh kita agar mengikuti petunjuk dari Rasulullah saw.
Allah swt, berfirman :

وَمَآ اٰ تَا كُمُ الر سُوْلُ فَخُدُْوْهُ وَمَا نَهَا كُمْ عَنْهُ فَا نْتَهُوْا وَاﺘﱠقُوا اللهَ اِن اللهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ (الحشر :٧)


Artinya :
" Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah, dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah sangat keras hukuman-Nya". (Q.S. Al-Hasyr : 7).


Orang-orang yang hanya berpedoman kepada Al-Qur'an tetapi meninggalkan As-Sunnah brarti ia termasuk kelompok yang ingkar sunnah, dan ia berarti pula meninggalkan Al-Qur'an. Sebab, di dalam Al-Qur'an diperintahkan agar beriman kepada Rasul dan mengikuti sunnahnya.


Referensi :
Al-Qur'an : QS. Al-Haysr ayat 7
Sabda Rasulullah yang dikutip di Buku Fiqih MA

Tidak ada komentar: