Home

Minggu, 09 Oktober 2011

Bahasa Indonesia Menurut Kaidah

Derasnya arus globalisasi saat ini kemungkinan akan berdampak pada perkembangan dan pertumbuhan bahasa yang  berperan sebagai pendukung. Dalam keseharian, bahasa dapat dikatakan sebuah sarana komunikasi baik lisan maupun tulisan. Begitu dekatnya kita kepada bahasa, terutama bahasa Indonesia. Oleh karena itu, berbahasa perlu menaati kaidah atau aturan bahasa yang berlaku. Yaitu bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Penggunaan bahasa dengan baik harus memperhatikan aspek komunikatif bahasa, dimana kita harus memperhatikan sasaran bahasa kita, serta memperhatikan kepada siapa kita akan menyampaikan bahasa kita.
contohnya seperti cara kita berbahasa kepada anak kecil dengan cara berbahasa kepada orang dewasa tentu berbeda.

Penggunaan bahasa yang benar berkaitan dengan aspek kaidah atau aturan bahasa. Berkaitan dengan peraturan bahasa, ada empat hal yang harus diperhatikan, yaitu :
  • tata bahasa,
  • pilihan kata,
  • tanda baca,
  • ejaan.
Kriteria yang digunakan untuk melihat penggunaan bahasa yang benar adalah kaidah bahasa. Kaidah tersebut meliputi aspek :
  • tata bunyi (fonologi),
  • tata bahasa (kata dan kalimat),
  • kosa ikata (termasuk istilah),
  • ejaan,
  • makna.
Kriteria penggunaan bahasa yang baik adalah penggunaan bahasa yang sesuai akidah, yaitu ketepatan memilih ragam bahasa yang sesuai dengan kebutuhan komunikasi. Pemilihan ini berkesinambungan dengan topik yang dibicarakan, tujuan pembicaraan, orang yang diajak berbicara (jika lisan) atau pembaca (jika tulis), dan tempat pembicaraan.

Penggunaan bahasa yang baik dan benar terlihat dari penggunaan kalimat-kalimat yang efektif, yaitu kalimat-kalimat yang dapat menyampaikan pesan/informasi secara tepat sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Selain itu bahasa yang baik itu menggunakan bahasa yang logis dan sesuai dengan tata nilai masyarakat kita. Berbahasa juga tidak hanya menekankan kebenaran dalam tata bahasa, melainkan juga memperhatikan aspek komunikatif.. Bahasa yang komunikatif tidak selalu harus merupakan bahasa yang standar. Sebaliknya penggunaan bahasa standar tidak selalu berarti bahwa bahasa itu baik dan benar. Sebaiknya kita menggunakan ragam bahasa yang serasi dengan sasarannya dan mengikuti kaidah bahasa Indonesia yang benar.

Sekilas tentang bahasa Indonesia menurut kaidahnya. Hal ini dapat dijadikan pembelajaran untuk saya dan bagi para pembaca, agar komunikasi berbahasa Indonesia dalam keadaan yang baik dan benar sesuai tatanannya. Sehingga di dalam pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) secara tidak langsung dapat memperkaya khasanah dalam penggunaan bahasa Indonesia.

Sekian....

Tidak ada komentar: