Home

Minggu, 10 Juni 2012

Menu Spesial Kepala Ikan

          Setiap harinya, di rumahku tidak tersedia makanan padat masakan ibuku. Keluargaku selalu membeli masakan matang yang letaknya  tidak jauh dari rumahku.  Karena ibu yang biasanya memasak untuk dimakan sehari-hari dirumahku, kini sudah tidak pernah memasak. 

          Awal dari tidak memasak dikarenakan setiap adanya masakan dirumah, orang rumah jarang makan. Sedangkan di saat tidak ada masakan, malahan pada ingin makan. Untuk hari-hari saat kuliah dan sekolah, hanya kedua orang tua yang berada di rumah, sedangkan aku dan adik laki-laki lebih sering makan diluar saat beristirahat dikampus, saat adik perempuan setiap pulang sekolah tidak pernah mau makan. Selain itu, hari-hari ibu di rumah sekarang lebih difokuskan untuk membantu bapak di rumah.

          Khusus hari ini, Aku mengajak ibuku untuk memasak. Karena sudah lama sekali aku tidak masak bersama ibuku. Ibu dan adikku bagian yang berbelanja ke pasar, sedangkan bagian aku bersih-bersih di rumah. 

          Adapun menu yang dimasak hari ini yang menurutku paling spesial yaitu "Kepala Kakap Asem Pade". Terakhir kali aku makan kepala kakap asem pade tersebut saat aku masih berada di rumah lama. Sekitar saat aku masih duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 6, ketika sepulang dari pengambilan nilai ujian praktik renang.


          Dengan ukuran kepala ikan kakap yang besar dan dengan racikan bumbu yang spesial serta rasa khasnya yang pedas. Ikan tersebut menjadi menu favoritku sejak pertama kali menyantapnya. Untuk menyantap kepala kakap asem pade, ikan ini bisa di makan bersama nasi, tetapi juga enak jika langsung di santap ikannya saja. Yang dalam sehari-hari di rumah lebih dikenal dengan sebutan “di gado”, yaitu makan lauk tanpa nasi”.

          Kini, Ikan pun sudah tersiap di meja makan bersama lauk yang lainnya. Waktunya makan siang sudah tiba.Kini aku ingin bersiap-siap untuk shalat, dan setelah itu waktunya makan. Aku sudah tidak sabar untuk menyantap masakan hasil buatan aku dan ibuku. Pokoknya hari ini aku sangat senang bisa makan masakan  spesial tersebut dan tidak lupa untuk ucapkan Alhamdulillah.

Tidak ada komentar: