Home

Minggu, 10 Juni 2012

Lamban dan Tidak Respon


Sore ini, aku kecewa dengan kinerja laptop yang aku punya. Entah kenapa, akhir-akhir ini suka lamban proses kinerjanya. Padahal data-data yang ada di laptop sudah aku back-up ke dalam harddisk. Aplikasi serta software yang sering aku gunakan jumlahnya juga sudah sedikit di laptopku.

Laptop semakin lamban ketika membuka browser. Hal ini yang menghambat aku untuk mengerjakan tugas, terutama untuk mencari bahan-bahan (searching) dan mengupload tugas. Hal lain yang menjadi masalah lagi yaitu modem. Meskipun aku mempunyai dua buah modem, namun pada kedua modem tersebut mempunyai kelemahan saat digunakan.

Modem kartu GSM, seringkali yang membuat aku kecewa akan modem jenis ini. Aku kecewa karena memakai paket kuota. Bisa dikatakan kuota yang saya gunakan cepat habis, meskipun hanya saya gunakan untuk searching bukan untuk mendownload. Ini yang membuat pemborosan dalam keuangan, karena jika paket kuota habis, modem sudah tidak bisa koneksi. Paket kuota bisa habis dalam waktu kurang dari lima hari, padahal jangka waktu kuota yang ada yaitu 30hari. Bayangkan saja jika aku harus mengeluarkan uang yang lebih besar hanya untuk internetan. Sedangkan aku hanya menggunakan disaat perlunya saja. Belum lagi jika disaat sesudah turunnya hujan, bahkan lebih lamban lagi dari yang biasannya untuk bisa mendapat kecepatan maksimal saat digunakan.

Modem kartu CDMA, modem ini memang tidak dibatasi kuota seperti GSM. Namun hanya berupa paket internetan perbulan yang ditawarkan. Seringkali jika digunakan, hasil kecepatan sangat bagus jika lingkungan serta cuaca mendukung. Namun jika hujan sudah turun, dan sesudah hujan digunakan untuk internetan, jangan berharap ingin mendapatkan hasil pergerakan cepat dalam browsing. Hal itu yang membuat aku jenuh, karena harus menunggu lama. Terkadang juga, saat sudah terkoneksi dengan koneksi lamban tiba-tiba koneksi tersebut terputus (disconnect). Sampai-sampai bosan dan ingin marah jika harus menghadapi hal-hal seperti ini.

Selain hal di atas, hal lain yang membuat lamban kinerja laptop yaitu ketika mendengar musik / lagu dari laptop. Satu, dua, dan tiga lagu terlampaui. Namun jika ingin mengklik aplikasi lain, seringkali respon lamban, bahkan tidak ada respon apapun. Sehingga harus merestart laptop tersebut. Terasa Geram, kesal, kecewa. Apalagi jika sewaktu ada data yang belum tersimpan, dan mau tidak mau aku harus mengetikkan kembali dari awal.

Ingin meng-upgrade laptop, namun biaya tidak mendukung. Sedangkan kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kuliah masih banyak. Entah untuk biaya fotokopi, tinta printer, untuk internetan, ongkos ke kampus, uang makan dan lain-lain. Hanya bisa bersabar dan perbanyak melafadzkan istighfar di saat seperti ini yang bisa aku lakukan. Aku yakin, pasti ada hikmah dan pelajaran yang bisa aku ambil dari hal ini. Insyaallah, Allah memberikan yang terbaik untuk aku.

Tidak ada komentar: