Home

Senin, 30 Mei 2011

SOFTWARE (Perangkat Lunak)

Software adalah rangkaian instruksi elektronik yang memerintahkan komputer untuk melakukan tugas tertentu sesuai denga perintah yang diberikan oleh seorang pengguna komputer. Rangkaian instruksi ini disebut "Program". Software juga dikenal dengan sebutan "perangkat atau piranti lunak komputer"


FUNGSI 
  1. Membuat semua peralatan yang ada dalam seperangkat komputer dapat bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing.
  2. Sebagai sistem operasi untuk perangkat elektronik yang menggunakan basis sistem komputer.
  3. Sebagai media penghubung antara komputer dan pengguna agar terjadi kerjasama yang menghasilkan output sesuai keinginan pengguna komputer. 


EVOLUSI SOFTWARE
  1. Era Pioner (1950-1960)
  2. Era Stabil (1960-1980)
  3. Era Mikro (1980-1990)
  4. Era Modern (2000-tanpa batas)
PENJELASAN :
  • Era Pioner (1950-1960) : Bentuk perangkat lunak pada awalnya berupa sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai dikerjakan komputer berupa print out. Proses yang dilakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan diproses, antara lain : 
  1. Proses Batch;
  2. Distribusi Terbatas;
  3. Pembuatan Khusus.

  • Era Stabil (1960-1980) : Komputer sudah banyak digunakan dan terjangkau oleh kalangan industri dan perusahaan yang membawa pengaruh terhadap perkembangan perangkat lunak. Kemampuan multitasking (banyak program) dan multi user (banyak pengguna) sudah dikenal juga sistem basis data. Proses yang dilakukan oleh software pada era ini, antara lain :
  1. Multitasking & multiuser;
  2. Real time (bekerja dengan cepat);
  3. Program database.

  • Era Mikro (1980-2000) : Perangkat lunak pada era ini sudah berkembang untuk memenuhi kebutuhan individu. Harga perangkat lunak juga sudah terjangkau oleh individu. Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang menangani perangkat internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Otomatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan. Oleh sebab itu, perangkat lunak pada era ini mengalami perkembangan proses berikut :
  1. Sistem mulai tersebar ke beberapa kalangan masyarakat;
  2. Software mengalami kecerdasan yang mempermudah penggunaannya;
  3. Harga setiap software mulai terjangkau oleh individu.

  • Era Modern (2000-tanpa batas) : Era modern ini merupakan era bangkitnya software dengan interface yang lebih familiar dengan penggunanya yang sudah tersebar ke semua peralatan yang  sering digunakan pada masyarakat, bukan hanya terdapat pada seperangkat komputer. Telepon genggam saja telah dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan PC. Pembuatan  perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelintir orang, tetapi menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat. Selain masalah teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara, gambar, dan video. Kecerdasan perangkat lunak pada era ini membuat proses perkembangannya semakin luas menjadi :
  1. Media perantara untuk jaringan PC;
  2. Media penghubung antara seperangkat elektronik yang berbrda;
  3. Graphical User Interface (GUI) yang semakin mempermudah user dalam penggunaan;
  4. Media pembantu dalam menyelesaikan tugas pekerjaan penggunanya.


Sumber : Buku Pintar Komputer
Pengarang : HASYIM M., ST
Penerbit : Kriya Pustaka

    Tidak ada komentar: